oleh Adi W. Gunawan
Sahabat FB....anak-anak kita, terutama yang SMP dan SD dalam waktu dekat akan menjalani UN. Sedikit banyak pasti timbul perasaan cemas atau takut dalam diri anak-anak kita baik saat persiapan maupun menjalani UN.
Saat emosi negatif seperti cemas, khawatir, takut, merasa tidak mampu, merasa tidak berdaya, merasa bodoh, belajar itu membosankan, merasa ujian ini sulit, dll...maka perasaan-perasaan ini menjadi penghambat luar biasa bagi proses belajar anak. Ini perlu diatasi.
Emosi negatif ini berlaku sebagai rem yang menghambat laju mobil. Semakin intens emosi yang dirasakan anak berarti semakin dalam rem diinjak. Akibatnya... tentu mobil tidak bisa berlari kencang walau pedal gas telah diinjak dalam-dalam.
Salah satu cara mudah, aman, menyenangkan, dan sangat efektif untuk mengatasi emosi adalah Hypno-EFT. Teknik ini sangat mudah dipelajari dan dipraktikkan. Gunakan Hypno-EFT untuk mengatasi emosi yang mengganggu anak baru setelah itu beri sugesti positif.
Bila emosi belum diatasi, walau anak giat belajar, atau diberi sugesti positif untuk meningkatkan semangat, daya ingat, ketenangan, ketelitian, dll... maka sugesti ini tidak bisa bekerja maksimal karena mendapat perlawanan atau hambatan dari emosi negatif yang ada di pikiran bawah sadar anak.
Hypno-EFT bisa dibaca di buku saya yang berjudul Hypnotherapy for Children, Quantum Life Transformation, dan The Miracle of MindBody Medicine. Saya juga telah membuat DVD menjelaskan Hypno-EFT.
Bila Sahabat FB punya buku Quantum Life Transformation yang hardcover maka sudah ada bonus DVD Hypno-EFT.
Pelajari dan praktikkan Hypno-EFT untuk membantu anak-anak kita meraih potensi maksimal mereka dengan menghilangkan mental block penghambat proses belajarnya. Setelah itu, masukkan sugesti positif dengan tapping titik tertentu. Saya juga menjelaskannya di buku.
Kemarin saya membantu klien, murid kelas IX, yang mengalami kecemasan menjelang UN. Ia merasa tidak mampu di mapel Matematika dan IPA.
Klien ini sudah pernah saya bantu dulu, beberapa tahun lalu, untuk mengatasi masalah emosi. Kepada kedua orangtuanya, saya menganjurkan hal yang sama dengan yang saya paparkan di status ini. Saya sarankan mereka untuk menguasai Hypno-EFT dan membantu anak mereka di rumah.
Georgi Lozanov, bapak accelerated learning, dalam bukunya Suggestology and Outlines of Suggestopedy menjelaskan ada tiga penghamat proses belajar:
1) Logis-kritis: "Itu tidak mungkin", "Orang lain bisa, saya tidak bisa"
2. Afektif-emosional: "Saya tidak mau melakukannya. Ini membuat saya merasa tidak nyaman".
3. Etis :"Saya pikir ini tidak jujur", "Saya pikir ini tidak adil"
Hambatan logis-kritis seringkali adalah bentuk lain dari afektif-emosional karena ada emosi di baliknya. Kembali ke penjelasan saya di atas, kunci ada pada emosi. Dan salah satu teknik paling ampuh yang pernah saya pelajari, praktikkan, ajarkan adalah Hypno-EFT.